Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

6 LANGKAH MENGATASI HP TERENDAM AIR

HP Terendam Air? Jangan Panik, Mister Punya Cara Mengatasinya

Hari sial bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Bila kamu mengalami HP terendam air, pasti panik kan bro! Tapi tenang, Mister punya cara dan langkah yang tepat untuk mengatasi HP terendam air. Yuk simak caranya!
1. Jauhkan Handphone dari Air Secepatnya dan Matikan
HP Terendam Air
Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika HP terendam air adalah mengangkatnya dan menjauhkannya secepat mungkin dari air. Jangan sampai handphone kamu terlalu lama terendam dalam air karena bisa berakibat fatal. Setelah itu, matikan segera handphone kamu.
Bila HP terendam air saat dalam keadaan di-charge, jangan memegang handphone tersebut sebelum aliran listriknya dicabut lho. Salah-salah, kamu bisa tersetrum bro! Untuk jaga-jaga, angkat handphone dengan sesuatu yang berbahan karet.
2. Keringkan Handphone dan Lepaskan Cover
HP Terendam Air
Keringkan segera HP terendam air tersebut dengan menggunakan handuk kering. Setelah itu, lepaskan seluruh cover/casing handphone beserta baterainya. Kebanyakan komponen elektronik di dalam handphone bisa selamat meskipun terkena air, asalkan tidak ada aliran listrik dari baterai.
Tekan-tekan secara lembut handuk kering pada bagian-bagian yang terlihat. Lihat apakah ada komponen yang terlihat berubah warna. Bila terjadi perubahan warna menjadi kemerah-merahan, berarti ada kerusakan pada komponen tersebut akibat rembesan air.
3. Keluarkan Kartu Sim dan Memory Card
Ini penting, sebab segala data kamu tersimpan di dua benda tersebut. Kartu sim dan memory card memang relatif tahan air, tapi untuk menghindari korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal, sebaiknya lepaskan dan keringkan segera. Jangan memasang kembali kartu sim dan memory card sebelum HP terendam air benar-benar kering ya!
4. Gunakan Vacum Cleaner
HP Terendam Air
Banyak orang menganggap cara tepat mengeringkan HP terendam air adalah dengan menggunakan hair dryer. Tapi itu salah! Tekanan angin pada hair dryer jusru mendorong air masuk lebih dalam lagi sehingga bisa memperparah kerusakan handphone. Lebih baik gunakan vacuum cleaner untuk mengeringkannya.
Arahkan vacuum cleaner ke sela-sela sempit pada handphone dan lakukan selama 20 menit. Bila dilakukan dengan benar, cara ini dapat membuat handphone bisa dinyalakan kembali dalam waktu setengah jam.
5. Manfaatkan Beras
HP Terendam Air
Sebagai informasi, beras adalah penyerap air yang baik. Bila kamu khawatir ada bagian pada handphone yang masih basah, gulingkan dan diamkan HP terendam air tersebut selama semalaman. Agar lebih efektif, putar posisi handphone tiap beberapa jam sekali agar air yang terperangkap di dalam handphone bisa mengalir ke luar lewat sela-selanya. Kamu juga bisa menggunakan silica gel bila tidak ingin menggunakan beras.
6. Ulangi Pengeringan
Jika handphone masih terasa dingin dan lembab, ulangi lagi proses pengeringan menggunakan vacuum untuk kedua kalinya. Ini penting untuk memastikan bahwa handphone sudah benar-benar kering. Kemudian, letakkan dulu handphone di atas handuk kering atau kain katun kering agar sisa-sisa airnya terserap. Setelah itu, kamu bisa mencoba menyalakan handphone kamu.
Bila handphone tidak menyala, coba hubungkan handphone dengan charger. Bila bisa dinyalakan, kemungkinan besar yang rusak hanya baterainya saja dan harus segera diganti. Namun bila handphone tidak bisa dinyalakan, segera service handphone tersebut!
Jangan lupa kasih tau yang lain. Mister yakin, suatu saat kamu pasti butuh!
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "6 LANGKAH MENGATASI HP TERENDAM AIR"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top