Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Cara Mengatasi Laptop Mati atau tidak mau hidup

Cara Mengatasi Laptop Mati atau tidak mau hidup

Laptop anda mengalami mati total  atau sama sekali tidak dapt dinyalakan / no on.
Sebelum anda membawa tempat service laptop sebaiknya anda melakukan pengecekan awal terlebih dahulu. berikut saya tuliskan rahasia teknisi laptop:

  1. sebaiknya anda memiliki multitester.
  2. Pertama yg harus kita curigai adalah kabel listrik ke adaptor jika anda memiliki multitester bisa di test menyambungkan ujung kabel biasanya ada 3 jalur harus nyambunga semua jika tidak berarti kabel listrik adaptor anda mengalami masalah silahkan diganti.
  3. jika kabel tidak rusak silahkan colok kan ke adaptor dan langsung colokkan ke listrik. tahap selanjutnya test kondisi adaptor . biarkan kabel power tetap menyolok di listrik siapkan multitester ada dua jarum hitam dan merah, hitam tempelkan pada colokan adaptor bagian luar dan yg merah colokkan kedalam jarum persis ditengah ujung colokan adaptor. sebelumnya set terlebih dahulu multitester anda sesuai tegangan volt pada adaptor anda umumnya 19volt jika angka pada tester anda bergerak danmenunjukkan 19volt berarti adaptor anda tidak masalah.
  4. Lanjut pada batarai laptop. Sering kali baterai laptop mengalami kerusakan short pada baterai mengakibatkan laptop anda tidak dapat on/hidup. untuk pengecekan coba batarai di lepas colokan adaptor ke laptop lalu tekan tombol power / ON. jika nya la berati ada kemungkinan bermasalah dari baterai.
  5. Jika ternyata batai sudah dilepas masih belum bisa ON / hidup selanjutnya pengecekan ke hardisk dan memori laptop sebaiknya anda lepas semua memori dan hardisk untuk memastikan tidak ada komponent tersebut short.
  6. Memori dan Hardisk sudah dilepas masih tetap bandel tidak mau ON/hidup silahkan test tegangan mainboard dengan multitester anda. settingan multitetap ya di 20volt karena tegangan laptop anda pada 19volt. bagai mana cara cek tegangan pada laptop anda tidak perlu bongkar laptop anda di posisi bateraibiasanya ada pin warna kuning emas nah disitulah kita bisa lihat tegangan 3 volt dan 5 volt ada atau tidak. jika ada berati masalah laptop anda mengalami kerusakan pada mainboard sebaiknya serahkan pada ahli mainboard laptop bukan mainboard komputer ya soalnya tegangan output nya berbeda.

Langkah2 diatas semoga dapat membantu dan menjadi pengetahuan dasar tentang laptop
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Mati atau tidak mau hidup"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top