Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Cara Agar Blog / Web Terindex & Muncul di Halaman Pertama Google


 Cara Agar Blog / Web Terindex & Muncul di Halaman Pertama Google

"Bagaimana cara agar blog / website kita bisa tampil di halaman pertama Google ?" pertanyaan seperti itu tentunya sering ditanyakan, khususnya untuk teman-teman yang pertama kali ngeblog atau terjun di dalam dunia blogging.
Sejujurnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mempercepat proses index suatu blog / web agar segera muncul di Google, atau bahkan muncul di halaman pertama dan menjadi ranking 1 di Google.
Cara yang saya maksud tersebut dinamakan sebagai SEO (Search Engine Optimization) atau dalam bahasa indonesia bisa kita artikan sebagai sebuah teknik untuk mengoptimalkan suatu blog / website di 'mata' mesin pencari (google, bing, yahoo, dll).
Jadi, jika ingin membuat blog Anda cepat muncul di Google, maka pelajarilah ilmu tentang SEO. Walaupun pada dasarnya blog / website akan terindex dan muncul secara otomatis di Google, tapi akan jauh lebih baik jika diimplementasikan dengan SEO.

Kabar baiknya Google selaku mesin pencari terbesar saat ini, telah mengeluarkan Ebook Search Engine Optimization Starter Guide yang dibagikan secara gratis untuk para blogger / webmaster.
Dari ebook SEO tersebut, kita bisa mempelajari apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam mengelola sebuah blog atau website.
Namun, kali ini kita tidak akan membahas ebook SEO google tersebut, karena fokus utama di artikel ini adalah membahas tentang cara agar blog bisa muncul dan tampil di halaman pertama Google.
Oke, lantas apa saja yang harus dilakukan agar blog / website kita muncul di Google ?

Cara Agar Blog / Website Terindex, Muncul dan Tampil di Google
Pada dasarnya, semua blog akan secara otomatis terindeks dan muncul di Google, namun ada teknik atau cara untuk membuat proses 'indexing' berjalan lebih cepat dari seharusnya, dan berikut berapa teknik atau caranya.

Ping
Seperti yang kita semua ketahui, bahwa Google dan mesin pencari lain menggunakan bot untuk mengindex blog / web, dan dalam proses pelaksanaannya, tiap bot memiliki jadwalnya sendiri-sendiri, dengan kata lain, ada blog yang dikunjungi bot dalam rentang waktu 2 hari sekali, ada juga yang 1 hari sekali, bahkan ada yang setiap jam (seperti blog news).
Jadi, jika blog Anda lama terindex dan tidak segera muncul di Google, maka itu artinya bot atau dalam hal ini adalah Google Bot belum mengunjungi dan mengindex situs blog Anda tersebut.
Nah, Ping inilah yang akan membantu untuk memanggil Bot agar segera merayapi situs kita.
Jika Anda bingung bagaimana cara ping blog, silahkan pelajari caranya disini Cara Ping beserta Daftar Situs Ping Otomatis.

Sitemap
Mensubmit sitemap blog di Google Webmaster Tool (GWT) juga merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat blog cepat terindex dan muncul di Google.
Untuk pengguna blogger, ada tool khusus yang bisa kita gunakan untuk menggenerate feed default menjadi feed full. Tool yang saya maksud adalah CTRLQ - Generate XML Sitemap yang dibuat oleh Labnol. Cara penggunannya juga terbilang mudah.

  •     Kunjungi situs http://ctrlq.org/blogger/
  •     Masukkan url situs (blog / web) Anda
  •     Klik tombol 'generate sitemap'

Jika sudah, copy url xml blog Anda tersebut lalu pastekan di https://www.google.com/webmasters/tools/sitemaps

Fetch as Google
Pada dasarnya, cara kerja 'Fetch as Google' hampir sama dengan Ping, hanya saja perbedaan utama terletak pada bot yang dipanggil. Pada proses Ping, bot yang dipanggil lebih universal, dalam artian semua bot (yahoo, bing, google), sementara untuk proses Fetch as Google hanya google bot saja.
Untuk melakukan fetch as google pada blog, terlebih dahulu Anda harus memiliki akun Google, jika belum silahkan pelajari Cara Daftar Gmail (Google Mail). Jika akun Gmail sudah Anda buat, selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Nanti akan ada dua pilihan yaitu 'Fetch' dan 'Fetch and Render', perbedaannya terletak pada kedalaman pengindexan, setau saya Fetch hanya meminta Google untuk mengindex blog tersebut, sementara Fetch and Render untuk mengindex blog beserta backlink.

Crawl URL
Crawl URL merupakan tool yang disediakan oleh Google untuk men-submit url artikel (post) blog agar cepat terindex dan muncul di Google.
Jadi crawl url ini untuk mempercepat index dalam jumlah satuan, sementara fetch as google lebih untuk proses index seluruh halaman situs beserta backlinknya.

Cara menggunakan tool Crawl URL dari Google terbilang mudah dan cepat :

  • Silahkan kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
  • Lalu masukkan url postingan blog Anda pada kolom yang sudah disediakan
  • Masukkan capthca
  • Terakhir, klik tombol 'submit request'
Karena Crawl URL dikhususkan untuk proses pengindexan halaman saja, jadi dengan sekali submit, maka bisa dipastikan halaman blog tersebut akan langsung muncul di Google.

TemplateYang saya maksud disini bukan desain templatenya apakah 1, 2 atau 3 kolom, melainkan lebih kepada ukuran sebuah template.
Saya katakan template berpengaruh pada proses pengindexan karena jika suatu blog / web terlalu, maka (bisa jadi) Google Bot enggan untuk mengindex situs tersebut atau bisa saja sampai RTO (request time out).
Namun, bukan berarti jika ukuran template ringan, maka proses index juga cepat (belum tentu).
Jadi yang saya tekankan disini, jangan sampai menggunakan template dengan ukuran yang berat (contoh sampai 500 server respon) jika tidak ingin halaman tersebut di lempar dari SERP (search engine result page).


Cara Menampilkan Blog / Website di Halaman Pertama Google

Jika ingin membuat artikel blog Anda muncul dan tampil di halaman pertama Google sebenarnya sangat mudah. Ya, saya katakan mudah karena memang faktanya demikian.
Bukan bermaksud sombong, karena sudah saya coba berulang kali dan berhasil, jadi saya berani menyimpulkan bahwa untuk membuat blog muncul di halaman pertama Google itu mudah.
Caranya dengan mengetikkan site:urlartikelblog.com di Google, lalu tekan enter.

Tak peduli seberapa berat persaingan di SERP, dengan cara diatas, dijamin blog Anda akan masuk di halaman pertama Google.

Oke, saya akui itu intermezo yang tidak lucu.

Kita kembali ke topik, untuk membuat blog atau website agar berada di halaman pertama Google salah satu cara yang mungkin sering digunakan oleh para blogger adalah dengan memberi Backlink.

Backlink yang paling ampuh adalah backlik yang berasal dari blog ber authority tinggi dan tentunya memiliki konten dengan topik (niche) serupa untuk mencari backlink yang se niche Anda bisa menggunakan dork dibawah ini.

    site:go.id "kw" "leave a reply"

Diatas, adalah dork untuk mencari backlink dari situs go.id, dan jika Anda ingin mencari backlink dari situs goverment luar negeri, tinggal ganti dork.nya dari site:go.ig menjadi site:gov. Jangan lupa ubah "kw" dengan keyword yang Anda incar.
Untuk keyword dengan persaingan ringan, mengandalkan backlink saja sebenarnya sudah cukup untuk membuat blog tampil di halaman pertama Google, namun untuk keyword dengan persaingan berat, tentu tidaklah cukup, jadi kita juga memerlukan SEO On-Page atau pengoptimalan dari dalam blog, selengkapnya bisa Anda pelajari Cara Meningkatkan SEO Blog.
Kurang lebih itulah beberapa cara agar blog atau website kita bisa cepat terindex dan muncul di halaman pertama Google.
Dari awal saya katakan ini hanya sebuah teori, artinya tidak ada jaminan setelah menerapkan kelima cara diatas blog Anda langsung tampil di Google, tapi secara teori seharusnya seperti itu. Daripada berdebat, mending langsung saja Anda coba dan buktikan, apakah teori diatas benar terbukti atau tidak.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk " Cara Agar Blog / Web Terindex & Muncul di Halaman Pertama Google"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top