Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Tips Merawat Printer Biar Awet Tahan Lama

Tips Merawat Printer Biar Awet Tahan Lama

Mempunyai kesibukan atau pekerjaan yang berhubungan dengan cetak-mencetak dokumen pastinya harus menggunakan Printer. Tapi terkadang ada saja masalah atau kerusakan yang terjadi pada Printer, entah karena usia printer yang sudah lama atau karna kurangnya perawatan pada printer. Lalu bagaimana cara biar printer awet dan tahan lama? Berikut sedikit Tips merawat printer atau Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama yang bisa sobat lakukan sendiri:

  1. Gunakan Printer secara Teratur Usahakan untuk menggunakan printer secara berkala dan teratur. Karena dengan merawat printer secara berkala bisa menjaga tinta printer tetap mengalir dan membasahi nozzle tempat keluarnya tinta. Diameter nozzle yg sangat kecil rawan terjadi kebuntuan akibat tinta gak mengalir karena kering dan menyumbat, yg mengakibatkan head catridge rusak (harganya hampir sama dengan beli printer baru). Rawat printer secara berkala dan sahakan seminggu sekali melakukan test printer dengan mencetak satu gambar yg memiliki banyak warna. 
  2. Menjaga Kebersihan Printer Selain merawat kinerja Printer, bersihkan printer secara berkala juga, minimal setiap dua minggu sekali atau sesuaikan seberapa sering menggunakan Printer. Jauhkan printer dari tempat berdebu, gunakan pelindung printer dengan plastik atau kain biar debu atau serangga gak mudah masuk.
  3. Mengganti / Reffil Tinta Printer Segera isi / refill tinta printer kalo udah mau habis, jangan sampai kekurangan tinta yg kadang membuat Printer suka eror. Saat mengganti tinta perhatikan bagian catridge karena sangat sensitive, jangan menyentuh bagian elektrik catridge dengan jari, bersihkan menggunakan tisu halus. Cara ini akan membuat awet dan tahan lama terhadap head catridge printer. 
  4. Matikan Printer saat Tidak Digunakan Setelah menggunakan printer, jangan lupa untuk mematikan. Matikan printer secara benar dengan menekan tombol powernya (on/off) yg telah tersedia. Jangan mematikan printer dengan mencabut kabel power secara langsung dari aliran listrik. Karena dengan menekan tombol power, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum parkir di tempatnya. 
  5. Gunakan Kertas yang Bersih Usahakan menggunakan kertas yg bersih saat hendah mencetak di Printer. Karena kalo menggunakan kertas yg kotor dan berdebu akan mengotori roll penarik kertas, dan lama kelamaan akan menyebabkan cepat aus yg akhirnya bisa rusak. Efeknya adalah printer gak bisa menarik kertas. 
  6. Cara Mencetak Selain harus menggunakan kertas yg bersuh, saat ingin mencetak suatu dokumen/foto dan menjalankan printer, pastikan menggunakan kertas yg halus dan masukkan kertas dengan rapi. Karena kalo kertas gak rapi atau melipat bisa merusak roller pada printer.
  7. Kalo Mengalami Kegagalan Mencetak Kalo misalnya mengalami kegagalan saat mencetak, segera matikan printer, lalu lakukan proses cleaning pada menu printer yg terinstal di komputer atau laptop. Itulah tips singkat dan mudah cara merawat printer agar awet dan tahan lama yg bisa dilakukan sendiri tanpa biaya yg mahal. Tapi kalo menemukan masalah atau printer rusak, bisa hubungi teknisi printer yang berpengalaman  :)

sumber dan referensi : dari berbagai sumber

Semoga bermanfaat
Suka Artikelnya silahkan di like dan di share Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Merawat Printer Biar Awet Tahan Lama"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top