Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Tips Membeli Laptop Second Atau Bekas

Tips Membeli Laptop Second Atau Bekas

Halo kawan, jika anda berniat membeli laptop bekas atau second sebaiknya kenali lebih dulu barang yang akan anda beli. Membeli laptop second tidaklah sama seperti memilih laptop baru. Perlu ketelitian dan kecermatan kita dalam memilih barang, semua itu dimaksudkan untuk menghindari penipuan dan kita tak mau ada penyesalan di kemudian hari bukan?. Selain itu, ketersediaan barang juga sangat terbatas sehingga tidak banyak pilihan. Maka dari itu untuk memilih laptop bekas biasanya didasarkan pada harga dan spesifikasi, spesifikasi yang seperti apa dihargai berapa, seperti itu. Jika kita mencari spesifikasi tertentu, itu akan sulit kecuali faktor kebetulan dan keberuntungan di pihak kita.

Panduan Membeli Laptop Second Atau Bekas.
Ada baiknya sebelum anda membeli laptop second, anda tengok dulu beberapa ulasan berikut mungkin bisa menginspirasi.
Tips Membeli Laptop Second Atau Bekas.

Perhatikan Spesifikasinya.
Jika anda tidak tahu cara mengetahui spek dasar dari laptop yang akan anda beli, mintalah kepada pihak penjual untuk menunjukannya. Jika anda merasa awam terhadap 'jeroan' laptop, paling tidak lihat tahun pembuatan di bagian bawahnya. Tahun pembuatan bisa menjadi patokan hardware yang dipakai sudah ketinggalan jaman atau belum.

Perhatikan Segelnya.
Segel biasanya terletak di bagian bawah dan biasanya menutupi sebuah baut atau berada diantara dua bagian yang dapat dilepas seperti penutup bawah. Jika segel sudah rusak atau ditimpa dengan segel baru, itu menandakan laptop sudah pernah diservis atau ada sparepart yang diganti. Dan itu berarti laptop sudah tidak original atau bisa jadi barang servisan.

Cek Kondisi Fisik.
Ini penting, seberapa mulus kondisi sebuah laptop maka akan sangat berpengaruh terhadap harga. Cek terlebih dahulu di bagian sudut dan tepi terluar untuk memastikan tak ada keretakan, cek pula pada bagian engsel yang menyambungkan lid dan body laptop. Cek kondisi LCD atau display jikalau ada dead pixel dan cek juga fisik keyboard jangan sampai ada yang 'stuck' atau macet tak bisa menampilkan karakter saat ditekan atau dipakai untuk mengetik.

Cek Ketahanan Baterai.
Untuk mengetahui kondisi baterai sebetulnya ada program khusus. Namun kita tidak akan sempat untuk mengambil opsi tersebut kecuali jika program yang bersangkutan sudah terinstal didalam laptop. Kita bisa mengeceknya dengan memutar video dan lihat persentase kapasitas baterai. Baterai yang sudah ngedrop biasanya bertahan tak lebih dari setengah jam, apalagi jika digunakan untuk memutar video, baterai pasti cepat habis.

Jajal Terlebih Dahulu.
Penjual yang baik biasanya mengizinkan calon pembeli untuk menjajal terlebih dahulu. Jangan sia-siakan kesempatan ini, anda bisa memulainya dengan mengukur seberapa cepat laptop tersebut 'booting'. Selanjutnya cari program yang agak berat yang sudah terinstal di laptop tersebut seperti game 3d atau program program grafis. Anda juga bisa mencoba memutar video, dengan begitu dapat diketahui kondisi baterai, kejernihan layar serta perangkat audionya. Jika semua tanpa kendala semisal hang, berarti laptop tersebut masih layak.

Tanyakan Garansi.
Terakhir dan tak kalah penting yaitu menanyakan garansi. Laptop bekas biasanya memiliki garansi antara satu minggu hingga satu bulan. Ini untuk mengantisipasi jikalau terjadi apa apa terhadap laptop bekas yang kita beli, tentu saja jika masalah yang timbul diluar perbuatan kita. Karena yang namanya barang bekas tidak ada jaminan akan kualitasnya. Dan pastikan juga pihak penjual bertanggung jawab terhadap garansi yang ia berikan, buatlah perjanjian klaim garansi tersebut seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan selama masa garansi.

Laptop bekas atau second biasanya dicari oleh individu yang tahu akan spesifikasi laptop itu sendiri. Dengan adanya ulasan Tips Membeli Laptop Second Atau Bekas, semoga anda yang tidak paham mengenai laptop setidaknya mendapat gambaran. Cermat-cermatlah dalam memilih, dan selamat berbelanja.

Semoga bermanfaat
Suka Artikelnya silahkan di like dan di share Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Membeli Laptop Second Atau Bekas"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top