Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Kipas Tidak Berputar Menyebabkan Komputer Mati Mendadak

Kipas (Processor/Power Supply) merupakan salah satu kelengkapan pada komputer, yang fungsinya sebagai pengalir hawa panas (membuang hawa panas dari chipset) yang disebabkan oleh komponen-komponen komputer, terutama Processor, IC dan Transistor. Kerusakan atau tidak berfungsinya kipas (Kipas Tidak Berputar) pada komputer bisa menyebabkan Komputer rusak fatal atau Komputer Sering Mati Mendadak.


Komputer Mati Mendadak

Kipas biasanya bekerjasama dengan Heatsink yang berfungsi menyerap panas, lalu dibuang oleh kipas. Kalo Kipas tidak bekerja dengan baik (berputar lambat, tidak berputar atau rusak), menyebabkan hawa panas yang seharusnya dibuang jadi mengendap dan menimbulkan panas berlebih. Kalo panas pada Processor, IC atau Transistor mencapai batas toleransi, maka akan menyebabkan komputer menjadi Hang, atau bahkan Sering Mati Mendadak.

Ada dua Kipas Utama yang harus berjalan baik di Komputer, yaitu:

1. Kipas Processor
Fungsinya membuang hawa panas yang diserap oleh heat-sink dari processor.
2. Kipas Power Supply
Fungsinya membuang hawa panas terhadap komponen-komponen yang terdapat di power supply.
 3. Kipas Casing dan Kipas Harddisk
Selain kedua kipas utama, ada juga kipas tambahan yang berfungsi sebagai pendukung kipas processor yaitu kipas casing dan kipas harddisk. Kipas ini gak terlalu urgent fungsinya, sehingga tanpa kipas ini komputer akan tetap berjalan. Tapi penambahan kipas tambahan akan sangat membantu kinerja komputer jadi lebih baik.


# Akibat Kipas Processor / Power Supply Rusak #

*) Kalo Kipas Processor Rusak, pastinya akan berakibat fatal. Biasanya komputer gak akan bisa loading, atau ada notifikasi tentang "CPU Fan Error". Akibatnya komputer akan terus melakukan restart atau sering mati mendadak. Kadang malah komputer tidak bisa di hidupkan kembali, hingga butuh beberapa saat sampai processor dingin baru komputer bisa dihidupkan. Dan kejadian restart atau mati mendadak akan terjadi lagi.

*) Pada Processor dan Motherboard tertentu, yang dilengkapi dengan sensor panas maka komputer akan mati dengan sendirinya pada derajat panas tertentu. Sehingga bisa dibilang processor akan aman. Tapi pada processor dan motherboard tertentu yang tidak dilengkapi dengan sensor panas, maka kerusakan pada kipas akan mengakibatkan jebolnya processor dan motherboard.

*) Kerusakan juga terjadi pada Program Windows anda. Sehingga pada beberapa kasus, file system yang terdapat di Windows rusak hingga untuk melakukan perbaikannya anda harus melakukan instalasi ulang.

*) Kalo Kipas Power Supply Rusak, hal yang sama juga terjadi. Komputer sering restart karena hawa panas yang terdapat pada power supply. Bila di diamkan terus menerus, maka akan mengakibatkan matinya power supply. Terkadang, bisa menyebabkan rusaknya Motherboard dan Harddisk.

# Pemeriksaan Kipas Secara Berkala #

Biasanya, penyebab kipas tidak berfungsi dengan baik (rusak) adalah banyaknya kotoran atau debu yang terdapat pada kipas. Atay bisa juga diakibatkan karna kinerja Kipas terhambat (terganjal kabel atau sebab lain). Karena itu perlu dilakukan pemeriksaan pada kipas secara berkala.

 * Pertama
Pastikan kipas pada komputer sesuai dengan standar yang berlaku. Pastikan Kipas Processor yang dipakai adalah Kipas Orisinil dari produsen Processor. Pastikan juga pemasangan Kipas dan Heatsink komputer benar-benar telah pas. Karna pemasangan heatsink + fan yang kendor akan berakibat fatal.
 * Kedua
Pastikan kipas pada komputer berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Periksa kabel-kabel dan hal-hal lain yang mungkin menyumbat kinerja kipas.
 * Ketiga
Periksa apakah kipas bekerja dengan melihat langsung pada putaran kipas. Pada power supply, rasakan putaran kipas dengan tangan dari belakang power supply.
 * Keempat
Lakukan pembersihan pada kipas yang berdebu dengan kuas kecil untuk menghilangkan debu. Pada kipas yang sudah mulai lamban bekerjanya, bisa semprotkan contact cleaner pada as (sumbu) kipas. Kalo kipas rusak, ada yang patah dan tidak berputar, silahkan ganti dengan Kipas yang baru yang orisinil.

Sebelum Kipas bermasalah, biasanya sering terdengar suara Kipas pada Komputer yang lebih kencang dan rada aneh. Hal ini mungkin biasa, tapi terkadang menjadi kode atau peringatan kalo Kipas akan mengalami masalah. Kalo misalnya Komputer sering restart sendiri atau sering mati mendadak, bisa buka casing dan periksa Kipas-nya, karna salah satu penyebab komputer mati mendadak adalah Kipas tidak berputar atau kipas rusak.

Itulah sedikit informasi tentang salah satu penyebab komputer mati mendadak karena kipas tidak berputar atau rusak. Beberapa penjelasan tentang Kipas pada Komputer, jenis kipas dan cara melakukan pemeriksaan atau mengganti kipas yang tidak berputar atau rusak. Semoga bermanfaat. dari sumber pengalaman pribadi dan google.com.


Semoga bermanfaat
Suka Artikelnya silahkan di like dan di share Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kipas Tidak Berputar Menyebabkan Komputer Mati Mendadak"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top