Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Memperbaiki Layar Laptop Yang Bercak

Oke, sesuai judul di atas saya mau memberikan pengalaman pribadi saya, cara memperbaiki layar laptop yang terlihat pecah. Biasanya berwarna ke hijau-hijauan di setiap gambar, apa lagi di windows 7 terlihat layar seperti pecah, padahal tidak pecah. Contohnya bisa anda lihat gambar dibawah ini.

Tampilan Bercak di Layar Laptop

Untuk kasus seperti ini memang banyak sekali kemungkinan, bisa saja driver, chipset VGA, juga karena kabel fleksibel. Saya akan jelaskan beberapa kemungkinan ini satu persatu yang saya rangkum dibawah ini atau kabel penghubung dari motherboard ke LCD.

Driver Tidak Mendukung

Kemungkinan pertama dari driver yang tidak support, bisa kita coba apakah memang dari drivernya atau dari faktor lain, caranya tinggal masuk ke BIOS & lihat apakah layarnya terlihat pecah atau tidak. Kalau tidak berarti masalah ada pada LCD atau Chipset atau juga kabel Konektor Motheboard ke LCD (fleksibel).

LCD Rusak

Kemungkinan kedua LCD yang rusak. Lakukan test menggunakan monitor komputer & lihat apakah terlihat normal atau masih terlihat pecah, kalau normal terlihat di layar komputer maka bisa jadi LCDnya yang rusak, Tapi jangan dulu memvonis Lcdnya yang rusak. Lakukan test yang lain lagi.

Chipset Rusak

Kemungkinan ketiga dari chipset yang rusak, rasanya jika test kedua terlihat normal maka chipsetnya baik-baik saja. Jika memang chipset yang rusak maka di test kedua juga masih terlihat pecah berarti chipsetnya yang bermasalah. Kalau sudah begini sih mau engga mau mesti di bawa ke tukang service Chipset.

Kabel Penghubung Rusak

Setelah melakukan beberapa test di atas kemungkinan besar kerusakan ada pada kabel penghubungnya (fleksibel). Jika di test di bios tampilan OK, di layar monitor juga OK, kemungkinan terbesar ada pada LCD atau fleksibelnya.

Cara Memperbaiki Layar Laptop

Pengalaman pribadi saya kerusakan ini di sebabkan oleh fleksibel yang kurang pas, kendor atau juga terjepit oleh chasing. Untuk memperbaikinya, Langsung aja kita bongkar laptopnya. Perhatian : Jika anda kurang yakin untuk membongkarnya lakukan bersama yang sudah ahli. Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi. Tapi saya yakin jika di lakukan secara hati-hati, maka akan aman-aman saja. Mari kita lakukan step by stepnya.
Pertama kita cek bagian konektor yang ada pada LCD. Catatan : jika LCD anda belum pernah di bongkar saya menyarankan tidak usah di melakukan pengecekan pertama ini, karena sedikit kemungkinan konektor LCD lepas/tidak pas. Buka penutup baud & baudnya. Buka chasing LCD dari bagian tengah dari dalam, jangan ragu untuk melepaskannya karena bakal ada suara seperti patah, tapi itu tidak apa-apa asalkan pelan-pelan & berurutan. Setelah chasing terlepas, buka baud-baud yang ada di sekitar bingkai LCD & konektor webcamnya.

Membuka Chasing LCD Laptop

Lepas chasing belakang LCD & cek konektornya apakah terpasang rapi atau tidak. Jika terlihat kurang rapi lepaskan lakban pelindung kabel konektor, setelah itu lepaskan juga kabel yang transparan dari LCD, tapi jangan melepaskan semuanya, bagian yang menempel pad fleksibel biarkan menempel. Fungsinya untuk menarik kabel fleksibel saat pemasangan kembali.

Bagian Kabel Fleksibel

Setelah di lepas lakukan Test apakan normal atau masih terlihat pecah. Jika masih terlihat pecah berarti kabel fleksibel yang di LCD tidak bermasalah, bisa jadi yang rusak pada bagian Motherboarnya. Jangan dulu di pasang chasing LCDnya. Kedua kita cek konektor pada motherboard. Bongkar battery &chasing bagian bawah, pastikan semua baudnya terlepas agar mudah dibuka.
Setelah terbuka, cek bagian konektor LCD yang ada pada motherboard, letaknya bisa bervariasi, saya membongkar Laptop acer & letaknya ada di bagian pojok kanan atas dekat cooler prosessor. Periksa apakah socket dan jalurnya terpasang dengan baik, ikuti jalur yang ada agar kabel tidak terhimpit oleh chasing bagian bawah. Jika terlihat tidak sesuai jalur, maka rapikan sesuai jalur yang ada.

Bagian Perbaikan Kabel Penghubung LCD

Setelah terpasang lakukan pengetesan, tentunya pasang dulu chasing bagian bawah tanpa membaudnya, khawatir masih terlihat pecah jadi tidak usah repot-repot membongkar kembali. Pada kasus ini saya berhasil & layar pun kembali normal.

Layar Laptop Kembali Normal

Dan tralalalaaaaa….berhasil, tinggal kita merapikan kembali bagian chasing yang sudah kita buka tadi dengan hati-hati. Jika rasanya pemasangan chasing tidak klop cek kembali bagian kabel-kabel yang kiranya menghalangi lajur chasing. Setelah rapih, nyalakan kembali laptopnya. Demikian info yang bisa saya berikan, Semoga bermanfaat.
Suka Artikelnya silahkan di like dan di share Jangan lupa tinggalkan komentar ya..

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Memperbaiki Layar Laptop Yang Bercak"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top