Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Kenapa Komputer Saya Nyetrum ??


Kenapa Komputer Saya Nyetrum

Pernah kesetrum casing komputer ? Mungkin ada diantara kita yang sering mengalaminya.
Casing cpu komputer yang nyetrum sebenarnya bukanlah kena setrum listrik tegangan tinggi. Tapi hanya kena ground / grounding / ( = bumi, netral ). Walaupun begitu jika terkena pada tangan kita menyebabkan tangan menjadi pegal dan kejutannya bikin trauma.
Kalau kita membahas kenapa ini bisa terjadi, sementara di tempat lain kebanyakan komputer tidak nyetrum, berarti kita mulai dari hal-hal  berikut ini

Pengetahuan tentang kabel power
Kabel power pada komputer kalau kita potong / buka maka terdapat 3 buah kabel.  Masing-masing adalah dua kabel untuk tegangan listrik arus bolak-balik ( biasanya kabel berwarna biru dan coklat ) Dua kabel ini memiliki tegangan tinggi yaitu 220 volt. Dan satu lagi adalah kabel ground ( biasanya berwarna kuning bergaris hijau ). Yang sering terjadi adalah kita mengabaikan kabel ground ini, karena tanpa kabel ini pun komputer tetap bisa menyala, tapi efek sampingnya ground tidak terhubung / dinetralkan,  sehingga masih ada setrumnya.

Kalau sistem kabel sudah bagus dan benar tapi masih nyetrum juga ? Ini mesti diteliti apakah  kelistrikan dirumah anda waktu dibangun sudah sesuai standar atau belum, tentunya ini berhubungan dengan kontraktor  rumah anda, karena kami pernah menemukan ketika stop kontak rumah dalam tembok terlepas / dibuka ternyata hanya  menggunakan dua kabel  saja.

Pemilihan Kabel Power Yang Benar
Kelihatanyya masalah sepele tapi efeknya besar,  pilih / beli kabel power  dengan  ukuran diameter yang besar dan  kelihatan kekar,  karena biasanya serabut kabel di dalamnya lebih banyak dan kuat dari pada kabel murahan lain. Dan pada saat digunakan kabel power yang bagus jika kita pegang tetap dingin, tidak hangat atau panas.

Semoga bermanfaat
Suka Artikelnya silahkan di like dan di share Jangan lupa tinggalkan komentar ya..

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kenapa Komputer Saya Nyetrum ??"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top