Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Cara Mengatasi TV Hidupnya Lama

Cara Mengatasi TV Hidupnya Lama
Apabila anda mempunyai TV yang bermasalah seperti ini  berarti anda sudah berada di blog yang tepat, sebab blog ini semua masalah yang berkaitan dengan elektronik dibahas atau dikupas tuntas  untuk menyelesaikannya.Berhubung profesi sampingan saya sebagai seorang tukang service,saya ingin berbagi ilmu agar anda mendapatkan solusi dari segala problem TV anda, namun saya juga masih belajar sampai saat ini. Dalam artikel yang berjudul cara mengatasi tv hidupnya lama ini, alhamdulillah telah berhasil saya lakukan pada pelanggan saya, dan akhirnya  saya puas terhadap hasil servisan saya.
 Baiklah saya lanjut dalam pembahasan tentang cara mengatasi tv hidupnya lama , yang anda lakukan sebelum memperbaiki ialah, persiapkan dahulu alat – alat untuk memperbaiki tv  seperti, obeng plus (+), obeng min (-), tang, sedotan timah, solder, multitester, timah.

Fungsi Alat – alat

  1. Obeng = untuk membuka box belakang televisi dan baut yang biasannya menempel pada                   Transistor dengan pendingin / almunium.
  2. Tang = tang ada beberapa jenis , ada tang potong, yang mana bagian sisi dalam tang tajam yaitu berfungsi untuk memotok kawat  kabel. Tang buaya, yang mana pada bagian kepala tang pajang seperti mulut buaya, yang berfungsi untuk mencabut atau memasang bagian -  bagian yang sulit, dan masih banyak lagi jenis jenis tang lainnya.
  3. Sedotan timah = untuk menyedot timah yang menempel pada papan pcb televisi, bagaian yang akan mau dilepas bagian yang rusak.
  4. Solder = untuk mematri bagian yang kendur atau memesang suku cadang yang baru ke pcb televisi.
  5. Multitester/Avometer = untuk mengukur baik itu tegangan AC,DC dan mengukur nilai pada spare part pada televisi , baik itu Resistor, Transistor, Kapasitor dan lain – lain.

Cara Mengatasi Televisi Hidupnya Lama
Setelah alat – alat  untuk memperbaiki telah terkumpul dan mengetahui fungsinya, anda lakukan selanjutnya adalah membuka cover belakang televisi, kemudian bila sudah terbuka lakukanlah dengan hati – hati jangan sampai terkena ujung tabung ,karena bisa fatal  akibatnya bisa – bisa anda mengganti tabungnya , wah bisa jadi tambah lagi pengeluarannya  untuk beli tabung.

Kita lanjutkan kembali ,bila sudah terlihat mesin televisi namun keadaannya penuh dengan debu maka lebih baik anda bersihkan dahulu agar lebih nyaman saat memperbaiki televisi, kalau bisa gunakan kompresor agar lebih mudah membersihkannya.

Bila semua telah dibersihkan maka anda perhatikanlah kapasitor yang menempel pada pcb televisi yang ada pada bagian vertikal ataupun horisontal.

Cara Mengetahui Kerusakan Pada Kapasitor
                Mengetahui kerusakan pada kapasitor adalah dengan melihat permukaan bagian atas mencuat atau bagian bawah kapasitor sudah kelihatan di kaki-kakinya, mengeluarkan sesuatu seperti bekas cairan, atau untuk lebih akurat lagi mengukurnya, anda bisa menggunakan multitester . Jika di ukur dan di pasang min plus pada kaki-kaki kapasitor maka jarum pada multitester bergerak cepat dan kembali lagi ke nol.Berarti kapasitor dalam keadaan baik, dan sebaliknya apabila jarum pada multitester bergerak lambat maka kapasitor sudah dalam keadaan tidak baik, maka untuk mengatasi hal diatas gantilah kapasitor baru yang sama nilai dan ukurannya yang tertera pada kapasitor lama. Kebanyakan TV biasanya menggunakan kapasitor dengan nilai 160 volt 47 uf dan 35 volt 1000 uf. Selamat mencoba semoga berhasil. 

Semoga bermanfaat
Suka Artikelnya silahkan di like dan di share Jangan lupa tinggalkan komentar ya..

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi TV Hidupnya Lama"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top