Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Cara Memaksimalkan jaringan wireless


Cara Memaksimalkan jaringan wireless

Selain menggunakan kabel UTP anda juga dapat membangun sebuah jaringan dengan menggunakan wireless dan ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan jaringan wireless yang anda gunakan, dalam artikel kali ini saya mencoba membantu anda untuk dapat memperbaiki kualitas dari jaringan wireless yang anda miliki.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk lebih memaksimalkan jaringan wireless anda adalah:

Penempatan Access Point
sinyal wireless adalah sinyal yang mudah sekali terhalang oleh suatu benda padat baik itu berupa dinding ataupun perabotan rumah tangga. selain itu sinyal wireless juga dapat terganggu oleh sinyal wireless yang lain, misalnya
sinyal wireless dari tetangga anda. Gunakan cahannel yang unik pada jaringan wireless anda agar mengurangi kemungkinan terganggu dari sinyal wireless diluar jaringan wirelesss yang anda miliki serta untuk mendapatkan sinyal yang baik, hendaknya anda menempatkan access point di lokasi yang datar dan tidak terhalang oleh benda apapun.

Ganti Antena wireless anda
Antena yang bawaan router adalah antena kecil dengan jenis omni-directional dan memiliki kemampuan terbatas. Antena ini menyiarkan sinyal ke segala arah, yang dapat berguna jika Anda perlu sinyal wireless di seluruh rumah Anda, tapi jangkauan yang cukup pendek. Sebuah antena directional dapat meningkatkan jangkauan dengan berfokus sinyal dengan cara tertentu, yang memungkinkan Anda untuk mengarahkannya mana itu dibutuhkan. Antena ini sering disebut "high gain" dan peningkatan sinyal diukur dalam desibel (dB). 

Gunakan Repeater
Apabila anda mengharapkan sinyal wirelesss untuk dapat menjangkau jarak yang cukup luas, ada baiknya anda menambahkan repeater wireless pada jaringan anda. Repeater tidak memproduksi sinyal, namun hanya berfungsi untuk me-relay sinyal wireless yag ada dalam jaringan wireless anda. Saat ini proses setup repeater tidaklah sulit dan dapat anda lakukan sendiri dan tidak membutuhkan kabel tambahan kecuali kabel stop kontak untuk catu daya repeater itu sendiri.

Gunakan Booster Antena
membuat reflektor antena untuk meningkatkan sinyal Wireless Anda. Ada banyak tutorial untuk membangun reflektor antena dibanyak situs di internet dengan menggunakan bahan seperti aluminium foil dan kardus/kertas. Desain yang umum digunakan adalah berbentuk satelit parabola dan antena Yagi. Keduanya dapat meningkatkan jangkauan dan mengarahkan sinyal Anda, meskipun kualitas antena buatan sendiri akan bervariasi tergantung dari bahan yang digunakan.

Upgrade Firmware
Bengan melakukan upgrade firmware anda dapat memaksimalkan jaringan wireless anda dan memungkinkan anda untuk dapat mengakses fitur terbaru yang ada pada suatu perangkat wireless.  Biasanya perusahaan yang memproduksi perangkat wireless mengeluarkan update untuk firmware perangkat wireless yang mereka produksi. dan update ini dapat anda unduh di situs resmi dari vendor perangkat wireless yang anda gunakan.

semoga bermanfaat bagi anda :)

sumber: howstuffworks, google
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Memaksimalkan jaringan wireless"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top