Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Manfaat dan Peran Lapisan Pikiran Manusia



Dalam berperilaku, manusia takkan bisa lepas dari pikirannya, karena selama pikiran masih aktif manusia akan terus hidup dan beraktifitas. Untuk lebih memahami mekanisme pikiran, ada baiknya kita mempelajari 3 lapisan dalam pikiran manusia.

Adapun 3 lapisan pikiran manusia adalah sebagai berikut :

1. Pikiran Sadar (Conscious Mind)
Pikiran sadar merupakan lapisan pikiran terluar, yang bertugas untuk menerima informasi yang diberikan oleh panca indra manusia seperti, menerima informasi tentang mengamati warna, merasakan tekstur sebuah benda, mendengar suara, dan informasi lainnya yang melibatkan panca indra manusia. Sifat pikiran sadar ini adalah menampung memory jangka pendek.

Pengaruh pikiran sadar terhadap perilaku manusia memang tidak begitu banyak. Menurut beberapa pakar, pikiran sadar ini hanya berpengaruh sebanyak 12% terhadap perilaku manusia.

2. Pikiran Kritis (Critical Factor)
Pikiran kritis adalah bagian yang penting, karena melindungi pikiran bawah sadar dari informasi-informasi yang merugikan dan mengancam keselamatan manusia. Karena sifat pikiran kritis ini menganalisa dan membanding-bandingkan Informasi yang diterima oleh pikiran sadar. seperti ketika seseorang “ngeyel” yang aktif adalah pikiran kritisnya.

3. Pikiran Bawah Sadar (Sub-Conscious Mind)
Pikiran bawah sadar adalah tempat yang paling dominan untuk mempengaruhi perilaku manusia, dan menurut pakar, perilaku manusia 88% dipengaruhi oleh pikiran bawah sadarnya. Karena dalam pikiran bawah sadar menyimpan beberapa faktor kunci terhadap perilaku manusia seperti : Persepsi, Emosi, Kebiasaan, Intuisi, Memory jangka panjang, Kreativitas, Belief and Value, dan Self Image.
Dibalik pengaruh bawah sadar yang begitu besar, pikiran ini memiliki kepercayaan yang begitu besar terhadap pikiran kritis sehingga apapun yang diberikan oleh pikiran kritis akan selalu diterima oleh pikiran bawah sadar.

Dari uraian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa, pikiran bawah sadar memegang peranan yang besar terhadap perilaku manusia. Namun, pikiran kritis memegang kendali terhadap informasi yang masuk kedalam bawah sadar.

Sumber : http://forum.detik.com/manfaat-dan-peran-lapisan-pikiran-manusia-t806871.html
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat dan Peran Lapisan Pikiran Manusia"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top