Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Cara Mencegah Nafsu Makan Berlebih

Tips Mencegah Nafsu Makan Berlebih

Rasa lapar yang muncul pada dasarnya dipengaruhi atas perintah dari otak. Banyak hal yang membuat otak mengirim sinyal lapar, termasuk salah satunya makanan. Makanan yang mengandung garam, gula, dan lemak sangat mempengaruhi nafsu makan yang tidak bisa terkontrol.

Selain itu, industri makanan dengan sendirinya telah mendesain sebuah iklan sedemikian rupa yang akan mempengaruhi rasa lapar manusia. Hal ini sebenarnya bisa kita lawan dengan berbagai cara, termasuk dengan mengubah cara berpikir manusia itu sendiri.

Dalam ulasan kali ini, kami akan membagi informasi mengenai tips mencegah nafsu makan berlebihan yang akan membantu bagi anda yang sedang menjalani program diet.

Seperti yang sudah diuraikan di atas, rasa lapar dikendalikan oleh otak. Oleh karena itu anda bisa mengendalikan rasa lapar dengan mengatur otak untuk memperhatikan tekstur dan warna makanan. Cara ini bisa membuat anda merasa lebih kenyang sehingga nafsu makan anda akan terkontrol.

Sebelum makan dalam porsi besar, sebaiknya anda mendahuli dengan mengkonsumsi satu buah jeruk dan apel. Kandungan serat yang kaya pada apel dan jeruk dapat memberikan sensasi kenyang sehingga anda terhindar dari nafsu makan yang berlebihan. Selain itu, nafsu makan anda bisa terkontrol berkat rasa manis dari buah ini.

Biasakan makan dengan piring atau mangkok yang kecil. Hal ini akan memberikan efek pada otak bahwa makanan yang dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Menggunakan alat makan seperti sendok atau garpu yang kecil juga bisa membantu karena akan memperlambat cara makan anda. Atau anda bisa mencoba dengan menggunakan sumpit.

Utamakan memakan makanan yang lebih enak atau yang memiliki ukuran lebih besar terlebih dahulu. Cara ini termasuk efektif untuk mengendalikan rasa lapar. Contohnya jika dalam menu terdapat daging, maka utamakanlah memakan daging terlebih dahulu. Dengan demikian, anda akan mengunyah lebih lama sehingga anda cepat merasa puas dan tidak begitu bernafsu untuk makan lagi.

Saat mengunyah, usahakan mengunyah hingga halus karena mengunyah dalam waktu lama bisa mempengaruhi otak sehingga merasa terpuaskan. Jangan memaksakan untuk makan secara terburu-buru, karena pada dasarnya perut bukanlah indra pengecap.

Hitung jumlah suapan anda saat makan. Hal ini sangat penting untuk pencernaan dan anda bisa menghitung serta membatasi jumlah kalori yang disantap sehari-hari.

Saat makan, fokus anda adalah pada porsi yang sudah anda siapkan. Jangan berpikir untuk mencoba makanan lain sekalipun makanan masih banyak. Anda bisa menyimpan makanan tersebut dan makan pada hari berikutnya jika makanan itu memang masih layak.

Jika anda termasuk orang yang tidak bisa berhenti untuk mengemil, sebaiknya memilih cemilan ringan seperti kacang sangrai atau kacang rebus. Kacang termasuk makanan yang bisa memberikan rasa haus sehingga anda akan banyak minum dan bisa memberikan efek kenyang. Hal ini jelas bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan.

Banyak orang yang merasa lapar mekipun beberapa waktu yang lalu baru saja makan. Hal ini biasanya disebabkan karena tubuh anda membutuhkan cairan. Oleh karena itu, biasakanlah untuk rajin meminum air putih.

Rasa lapar atau nafsu makan yang berlebihan merupakan situasi yang timbul dari pikiran anda sendiri. Dengan terbiasa mengontrol situasi seperti ini, maka anda tidak akan kesulitan untuk mengatur nafsu makan yang berlebihan. Semoga tips mencegah nafsu makan berlebihan ini bisa menambah wawasan dan memberikan anda inspirasi.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Nafsu Makan Berlebih"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top