Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Cara Menurunkan Berat Badan Alami Cepat dan Sehat

www.gerbang-komputer.com
Kelebihan berat badan merupakan momok tersendiri terutama bagi kaum
wanita karena dari segi estetika akan mengurangi keindahan serta menyebabkan berbagai macam penyakit ditubuh dikemudian hari. Oleh karena itu betapa pentingnya memiliki berat badan yang ideal bagi kita semua. Dengan berat badan yang ideal seseorang akan bertambah elok penampilannya serta bertambah kesehatannya. Bukankah ini harapan kita semua? Oke sebelum membahas cara menurunkan berat badan secara alami ini saya akan membahas masalah bahaya kelebihan berat badan atau obesitas ini agar agan dan aganwati jadi termotivas agar cepat-cepat menurunkan berat badan tanpa menunda-nunda lagi.

Penyebab dan Resiko Akibat Kelebihan Berat Badan

www.gerbang-komputer.com


Kelebihan berat badan atau Obesitas dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Obesitas level ringan :  20-40% kelebihan berat badan
  2. Obesitas level sedang : 41-100% kelebihan berat badan
  3. Obesitas level berat : kelebihan berat badan >100%.

Kelebihan berat badan akan memicu berbagai jenis penyakit diantaranya:
  • Tidur apneu yaitu berkurangnya kadar oksigen dalam darah dikarenakan terhambatnya pernafasan
  • Penyakit batu kandung kemih dan batu kandung empedu
  • Penyakit artritis gout dan gout
  • Penyakit Diabetes tipe 2 biasanya akan muncul nanti setelah dewasa
  • Penyakit hipertensi/Tekanan darah tinggi
  • Penyakit  Sindroma pickwickian yaitu kelebihan berat badan disertai wajah kemerahan, ngantuk dan underventilasi
  • Penyakit Gagal jantung
  • Penyakit infark miokardium/Serangan jantung
  • Penyakit Stroke
  • Penyakit kanker usus besar dan kanker prostat
  • Penyakit Osteoartritis
Setelah membaca akibat berat badan yang berlebih tentu agan dan aganwati jadi ngeri bukan? Makanya prinsip mencegah itu lebih baik daripada mengobati merupakan prinsip hidup yang harus selalu dipegang karena kalau sudah terkena penyakit akibat kelebihan berat badan seperti diatas akan menghabiskan kekayaan kita berapapun kekayaan anda itu juga akan mengurangi kenikmatan hidup karena kesehatan merupakan nikmat nomer satu yang diberikan Allah SWT kepada kita semua. Mau kedua mata anda ditukar dengan uang 10 miliar? Tentu tak mau bukan? 

Untuk mengetahui apakah agan terkena kelebihan berat badan atau tidak maka diperlukan sebuah parameter, disini kita bisa memakai standar BMI (Body Mass Index) yang digunakan untuk mengukur kadar lemak didalam tubuh, semakin tinggi angka BMI akan meningkatkan resiko penyakit yang berhubungan dengan kelebihan berat badan.

 BMI Kurang dari 27 = Resiko Rendah
 BMI 27-30 =  Resiko menengah
 BMI 30-35 = Resiko tinggi
 BMI 35-40 = Resiko sangat tinggi
 BMI 40 atau lebih. = Resiko sangat sangat tinggi

Padahal pada umumnya wanita memiliki kadar lemak tubuh yang lebih besar dibanding pria. Perbandingan berat badan dan lemak tubuh yang normal untuk wantita adalah sekitar 25-30% sedang untuk pria 18-23%. Seseorang menderita obesitas jika melebihi angka-angka tersebut.

Cara Menurunkan Berat Badan
















Agar mudah menurunkan berat badan maka harus diketahui dulu apa saja faktor penyebab kegemukan atau berat badan yang tidak ideal itu. Akibat terjadinya kelebihan berat badan seseorang adalah karena faktor penyebab berikut:

Faktor Kurangnya Aktivitas Fisik
Seseorang yang tidak aktif secara fisik akan cenderung mengalami kelebihan berat badan, oleh karenanya obesitas ini biasanya dialami oleh negara-negara makmur dan orang yang memiliki ekonomi menengah atas, kelebihan berat badan bukan saja tidak enak dipandang mata dari segi estetika tapi yang jauh lebih berbahaya adalah karena faktor resiko penyakit yang akan menyerang pada orang yang memiliki berat badan berlebih ini. Kurangnya aktifitas menyebabkan penumpukan lemak ditubuh hal ini diperparah dengan tidak diet makanan-makanan berkalori tinggi, makanan berlemak tinggi serta makanan yang berkolesterol tinggi.

Faktor Genetik

Fakto gen memang sangat berpengaruh terhadap kegemukan seseorang, seringkali kita melihat orang yang bapak dan ibunya gemuk cenderung anak-anaknya pada gemuk dan ini dikuatkan dengan penelitian yang menunjukan bahwa rata-rata faktor genetik memberikan pengaruh sebesar 33% terhadap berat badan seseorang.

Faktor Kesehatan

Penyakit seperti sindroma prader-willi, sindroma cushing, hipotiroidisme dan ada beberapa kelainan saraf yang bisa menyebabkan seseorang banyak makan. Mengkonsumsi obat-obatan seperti anti depresan juga obat seperti steroid juga menjadi penyebab kegemukan

Faktor Tumbuh Kembang

Anak-anak yang kegemukan akan lebih berpotensi menderita obesitas diusia dewasa nanti karena memiliki sel lemak sampai 5X lipat lebih banyak dibanding anak yang memiliki berat badan yang ideal.

Faktor Psikologi

Ada orang yang mengalami gangguan emosional atau stress karena stress disekolah atau ditempat kerja lalu melampiaskannya dengan memakan makanan enak, ngemil atau dengan cara banyak makan. Hal semacam ini banyak diderita oleh kaum hawa yang rentan terkena stress.

Faktor Lingkungan

Kebiasaan teman biasanya sangat mudah menular, teman yang hobinya suka makan dan mencicipi berbagai makanan cenderung mudah menularkan kebiasaan ini kepada teman akrabnya setidaknya temannya akan mencicipi kue buatan atau kue kegemaran yang dia beli.

Makanan Penyebab Kelebihan Berat Badan

Intinya mengurangi atau menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi, gula dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi atau berlebih karena jika berlebih maka zat makanan tersebut diubah oleh tubuh menjadi lemak apalagi anda tidak berolahraga. Juga hindari makanan yang digoreng karena tubuh anda akan menyimpan lemak trans yang tidak baik untuk kesehatan. Usahakan makanan tersebut direbus, kukus, sup, dan sebagainya seperti kebiasaan orang Jepang sehingga kebanyakan memiliki umur yang panjang-panjang. Ini dia pantangan makanan jika anda menderita kelebihan berat badan:

  1. Hindari Makanan cepat saji.
  2. Hindari Jajanan gorengan.
  3. Hindari Minuman bersoda.
  4. Hindari Aneka Krim.
  5. Hindari Daging olahan.
  6. Hindari Sereal manis.
  7. Hindari Es krim.
  8. Hindari Pure kentang.
  9. Hindari Susu whole milk.
  10. Hindari Mayones.
  11. Hindari Permen.
  12. Hindari Keripik kentang.
  13. Hindari Kuah daging.
  14. Hindari Kopi Instan Manis atau minuman manis lainnya
  15. Hindari Roti.kecuali roti gandum

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Perbanyak Minum Air Putih

Dengan minum air putih 8 gelas sehari maka metabolisme tubuh anda semakin baik dan mencegah dehidrasi karena dehidrasi metabolisme badan terganggu yang mengakibatkan penumpukan kadar lemak ditubuh semakin banyak, dengan meminum air putih yang cukup maka racun-racun ditubuh akan mudah dibuang baik memalui keringat maupun lewat ginjal berupa air seni.
 www.gerbang-komputer.com

Mengurangi Porsi Makan

Islam sudah mengajarkan tata cara makan yang baik dan benar yaitu makan saat lapar dan berhenti kalau sudah terasa kenyang. Jika kita makan saat benar-benar lapar maka akan meningkatkan rasa nikmat dan langsung berhenti jika perut sudah terasa cukup kenyang, jangan berlebih karena segala sesuatu jika berlebihan akan tidak baik akibatnya termasuk cara makan ktia.
 www.gerbang-komputer.com

Ganti Beras Putih Anda dengan Beras Merah

Ada 2 jenis karbohidrat yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks bersifat slow release dan megandung lebih banyak serat sehingga sangat dianjurkan bagi pelaku diet juga para penderita diabetes sedang karbohidrat sederhana bersifat kebalikannya.
 www.gerbang-komputer.com
Contoh makanan yang mengandung Karbohidrat sederhana: es teler, sirup, es krim, nasi putih, roti tawar, kue, biskuit, kerupuk, keripik, segala mie, jus, tepung2-an, gula, es campur, dll.

Contoh makanan yang mengandung Karbohidrat kompleks: beras merah, roti gandum, ubi, singkong, tempe, oatmeal, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, kentang, dll.

Latihan Angkat Beban

www.gerbang-komputer.com

Tahukan anda jika melakukan olah raga sepeda atau renang atau jogging atau cardio biasa akan membakar kalori ditubuh anda selama anda latihan ditambah +2 jam setelah anda selesai melakukan latihan?
Sedang jika anda melakukan latihan mengangkat beban selama satu jam akan membakar kalori ditubuh anda selama 24 hingga 60 jam kemudian. Untuk hasil yang optimal dalam membakar kalori ditubuh anda disarankan latihan beban cukup seminggu 3-4 kali saja selama 40-70 menit. Kalaupun anda ngotot pengen olahraga kardio maka lakukanlah metode HIIT atau High Intensive Training Cardio cukup selama 20-30 menit maka efektifitas pembakaran kalorinya naik 2-3X lipat dibanding anda melakukan olahraga cardio selama 1 jam.

Cara Diet Yang Baik

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga
Jika anda ingin makan daging usahakan makan daging ayam usahakan makan dada ayam karena daerah inilah yang mengandung kadar lemak paling rendah dibanding daerah lainnya jangan lupa buang kulit ayam dan cara memasaknyapun harus direbus atau dikukus bukan digoreng dengan minyak karena menganduk lemak trans yang tidak baik buat kesehatan tubuh. Hindari juga semua bentuk gorengan, berlemak, alkohol, margarine, mentega, jeroan, bakso, susu full cream, susu low fat, sosis, kue, snack dan juga hindari makanan dan minuman yang mengandung gula/manis karena akan cepat sekali disimpan ditubuh dalam bentuk lemak.

Untuk mengurangi berat badan ada 2 cara yang efektif yaitu:

A. Jaga pola makan agar selalu tetap berada dibawah kebutuh kalori
B. Angkat beban adalah olahraga paling efektif untuk mengurangi lemak dengan cepat

Jika anda melakukan olahraga namun pola makan atau jumlah kalori tetap naik maka sama saja anda hanya membakar kalori yang anda makan tanpa mengurangi lemak yang ada ditubuh anda maka kurangi jumlah kalori yang masuk dikombinasi dengan melakukan olahraga maka pengurangan jumlah kalori ditubuh anda akan lebih cepat terjadi dibanding tidak melakukan olahraga sama sekali.

Istirahat Yang Cukup

Dengan tidur yang cukup selama 7 sampai 8 jam dalam sehari menjadikan metabolisme tubuh bertambah baik dan lancar, lagian kalau begadang akan ada cemilan atau minuman yang hanya akan menambah kalori ditubuh sehingga menjadi tumpukan lemak. Dengan tidur cukup dan teratur juga mengistirahatkan organ-organ penting seperti lever/hati, pankreas, dll agar bekerja optimal.

Mengurangi Faktor Stress

Banyak orang yang mengalami stress akhirnya melampiaskan dengan memakan makanan yang tidak sehat dan banyak yang akhirnya hanya menambah berat badan saja dengan mengurangi faktor stress maka kita bisa mudah mengontrol nafsu makan berlebih yang diakibatkan gangguan emosi atau psikis kita.
www.gerbang-komputer.com

Cara Menurunkan Berat Badan Alami/Diet ala Nabi Daud

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam  malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.”

Menurut saya inilah cara dan diet yang terbaik yang anda bisa tiru disamping mendapatkan manfaat diantaranya yaitu: mengeluarkan toxin tubuh, ketenangan, kebahagiaan, program penurunan berat badan/kesehatan dan kecantikan anda juga akan mendapatkan pahala karena menjalankan puasa sunnah yaitu puasa ala Nabi Daud yaitu sehari puasa sehari tidak. Philippus Paracelsus mengatakan bahwa “Fasting is the greatest remedy the physician within!”. Dr Sabah al-Baqir dkk dalam hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa Puasa dapat mengurangi jumlah hormon pemicu stress atau anti depresan. Plato mengatakan bahwa puasa adalah untuk mengobati sakit fisik dan mental.  Dr. Yuri Nikolayev Direktur bagian diet pada Rumah Sakit Jiwa Moskow menyimpulkan puasa membuat orang awet muda. Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fultonia” Alvenia M. Fulton, di Amerika Serikat menyimpulkan puasa dapat membentuk kembali keindahan tubuh dan dapat membuat normal fungsi-fungsi kewanitaan dan "fasting is the ladies best beautifier, it brings grace charm and poice, it normalizes female functions and reshapes the body contour". Pesona daya pikat dan pesona diri akan meningkat drastis, mempercantik, memperindah wanita secara alami.

baik itulah tips diet yang bisa teman-teman lakukan dimulai sekarang, bagi yang memang benar-benar ingin berhasil kuncinya adalah disiplin. guys jangan pantang menyerah yah ,salam hangat :)
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Menurunkan Berat Badan Alami Cepat dan Sehat"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top