Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Memilih Motherboard yang Bagus Untuk Bermain Game

motherboard gaming yang bagus untuk game dari Gigabyte
Seringkali penulis mendapatkan pertanyaan seperti "motherboard apa sih yang
bagus untuk bermain game?"atau pertanyaan seperti "motherboard gaming tipe apa yah yang murah tapi bagus?". Inti dari kedua pertanyaan tersebut adalah menanyakan tentang spesifikasi motherboard yang bagus dan cocok untuk bermain game, ingat bukan motherboard terbaik atau paling mahal, tetapi motherboard yang bagus untuk bermain game, saya menyimpulkan dalam hal ini adalah antara harga, tujuan, fungsi dan kemampuan harus seimbang, mari kita lihat lebih jauh.

Tidak salah sebenarnya jika kita membeli sebuah motherboard mahal sekelas Asus ROG series atau Gigabyte Sniper yang memang memiliki kualitas kelas wahid dan didukung oleh komponen top yang memang didesain secara khusus untuk gaming. Tetapi kita tidak bisa memungkiri bahwa motherboard yang benar-benar bagus, dan memiliki performa terbaik, biasanya di cap dengan label harga yang cukup mahal, biasanya diatas 1,5 juta bahkan diatas 2 juta. Harga inilah yang menjadi kendala setiap individu ketika menentukan motherboard seperti apa yang cocok untuk dijadikan teman bermain game. Disini kita akan melihat bagaimana cara hemat dan tepat memilih motherboard yang bagus untuk bermain game, ingat kita tidak akan bicara mengenai fitur tertentu seperti fitur overclock dari sebuah motherboard, yang jelas motherboard itu sudah harus bisa memainkan game dengan cukup baik.

Pilih motherboard yang cocok dengan prosesor, memory RAM, VGA, dan lain-lain.

Tentu saja kita harus membeli motherboard yang cocok dengan hardware komponen komputer kita yang lain bukan? contoh kita memiliki prosesor Intel Core i3 2100 Sandy Bridge yang memiliki soket LGA 1155, dan juga telah memiliki VGA dengan tipe slot VGA PCI-e 2.0, untuk itu sudah seharusnya kita membeli motherboard yang mendukung soket LGA 1155 dan juga siap dengan slot PCI-e 2.0. Singkatnya, setelah kita memiliki data hardware komponen kita yang lain, maka kita akan mudah untuk menentukan motherboard yang cocok dengan hardware yang lain, jangan salah, karena pemilihan motherboard juga penting untuk menjamin komponen lain cocok dengan sistem komputer rakitan kita nantinya.

Beda chipset motherboard, beda harga dan beda fitur.

Chipset AMD 990FX, dan AMD 970 memiliki fitur yang berbeda, Intel pun sama saja, Intel dengan motherboard chipset H61 dengan Z77 memiliki fitur yang berbeda. Sekarang lihat dana yang anda miliki, kemudian tentukan motherboard mana yang akan dipilih. Saran saya, tidak perlu membeli motherboard dengan chipset kelas tertinggi dan dilengkapi fitur segudang hanya untuk bermain game, pastikan saja motherboard yang anda pilih cocok dengan prosesor dan VGA yang akan di pakai, terkecuali anda memiliki dana yang cukup banyak untuk membeli motherboard gaming.


Gambar diatas adalah motherboard gaming terbaik dari Gigabyte motherboard untuk game dengan label Sniper, motherboard jenis ini sama halnya dengan merek motherboard gaming lainnya seperti dari Biostar dengan TA series atau motherboard gaming Asus ROG series. (gambar dari : Gigabyte Indonesia - gigabyte.co.id)

Motherboard murah masih oke sepanjang memenuhi kebutuhan gaming.

Sebenarnya saya telah memberikan contoh yang cukup baik dalam pemilihan hardware komputer yang murah meriah untuk bermain game, cek di halaman ini - komputer game online. Banyak sekali motherboard yang di jual di tanah air, tetapi banyak juga yang tersesat dengan membeli motherboard mahal hanya untuk bermain game, apakah itu salah? jelas salah kalau hanya untuk bermain game saja. Untuk bermain game, kita tidak memerlukan motherboard yang mahal, cukup yang murah saja yang penting fitur standar utama sudah ada. Dalam pemilihan motherboard game, slot PCI-e untuk VGA card adalah wajib, kecuali anda berencana untuk membangun komputer HTPC yang kecil dan menggunakan graphik dari on-board motherboard atau prosesor.

Kesimpulan

"Hal yang paling berpengaruh dalam bermain game di komputer adalah prosesor, VGA dan memori".

Prosesor yang baik, VGA yang bertenaga dan memori yang cukup akan menjamin kelancaran anda saat bermain game, bagaimana dengan motherboard? kabar baiknya motherboard tidak terlalu banyak berpengaruh dalam gaming di komputer. Nah sekarang, apakah anda sudah bisa menentukan motherboard mana yang pas untuk bermain game? silahkan dipilih. Ingat 3 hal, harga murah bukan berarti buruk, jangan tergoda fitur yang justru tidak akan terpakai, dan pastikan motherboard gaming kita sudah cocok dengan hardware komputer kita yang lain.

Terakhir, mana yang anda pilih dari kedua speks komputer gaming dibawah ini?

Prosesor : Intel Core i3 3220 3.3Ghz
Motherboard : ASRock Z77 OC Formula
VGA : Asus Geforce GT 630 4096MB DDR3
Total 4 juta lebih..

atau :

Intel Core i3 3220 3.3Ghz
ASRock H61M-U3S3
Asus Geforce GTX 650Ti 1024MB DDR5 DirectCU II OC 
Total sekitar 3,5 juta lebih

Kalau untuk bermain game saja, jelas saya akan pilih komputer kedua, VGA nya lebih bertenaga dari pada komputer ke 1, harga malah lebih murah. Komputer satu menang di motherboard kelas atas yang bagus untuk overclocking sedang VGA nya lemah, di speks kedua motherboard biasa saja tapi VGA bertenaga, mana yang terbaik untuk bermain game? jelas PC ke dua bukan?. Memilih motherboard untuk game? gampang saja, ada pertanyaan? mari berdiskusi bersama. Selamat memilih.



sumber
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Memilih Motherboard yang Bagus Untuk Bermain Game"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top