Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Solusi Untuk Memperbaiki Duplicate Meta Descriptions


Duplicate meta descriptions terjadi karena, spider search engine saat meng-crawl sebuah blog, telah menemukan adanya deskripsi halaman yang sama.

duplicate meta description
Duplikasi meta deskripsi akan berdampak pada relevansi hasil pencarian di search engine, sehingga akan mempengaruhi urutan dan rating halaman Anda yang ditampilkan oleh search engine, sesuai kata kunci yang dimasukkan oleh pencari informasi. 

Dampak lain yang ditimbulkan adalah, bahwa blog Anda dapat dianggap memiliki duplikat konten.  Tentu ini sangat tidak baik di mata search engine, SEO (Search Engine Optimization) blog akan menjadi kurang tajam, kekuatan SERP menjadi lemah dan akan banyak menimbulkan komplikasi penyakit SEO.

Bagaimana cara untuk mengetahui adanya duplicate meta descriptions pada sebuah blog?  Jika Anda sering mengunjungi Google Web Master Tools, pada halaman dashboard pilih menu Optimization, kemudian klik menu HTML Improvements yang berada di bawahnya.  Di sini Anda akan dapat melihat berapa banyak duplicate meta descriptions pada blog Anda.

Sangat penting untuk memperbaiki duplicate meta descriptions ini, agar SEO blog Anda bisa menjadi lebih sehat dan kuat, berikut ini adalah cara untuk memperbaikinya;

1. Mengatur Meta Description dengan tag "if"

Pengaturan ini sebenarnya sama dengan mengatur tampilan widget dengan menggunakan tag (if) untuk kondisi tertentu (cond) seperti, widget hanya akan ditampilkan pada homepage saja, detainya seperti di bawah ini :
  • Login ke blogger dengan ID Anda
  • Pada halaman sahboard blogger pilih Templates > Edit HTML
  • Cari 'meta tag description' dan 'meta tag keyword', biasanya terdapat di bawah kode <head> kemudian tambahkan kode seperti di bawah ini.
  • <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
    <meta content='Deskripsi'  name='description'/>
    <meta content='keyword1 keyword2 keyword3 ...' name='keywords'/>
    </b:if>
  • Lihat kode yang berwarna merah, itu adalah kode yang mengatur agar meta description dan meta keywords hanya akan ada pada halaman homepage

2. Hapus meta description yang ada pada bagian Settings > Search Preferences.

Jika Anda pernah memasang meta tags secara on page pada bagian Settings > Search Preferencessebaiknya di hapus karena akan duplikat dengan meta tag description yang terpasang pada dokumen HTML template. Perlu diperhatikan bahwa Search Description ini harus tetap dalam kondisi enable, jadi isinya saja yang dikosongkan, seperti gambar berikut.
meta tags



Ucapkan Alhamdulillah, karena pekerjaan Anda untuk memperbaiki duplikat meta deskripsi telah selesai, dibutuhkan waktu 2 sampai 7 hari untuk update perbaikan duplicate meta descriptions di Google Webmaster Tools.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Solusi Untuk Memperbaiki Duplicate Meta Descriptions"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top