Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Memperbaiki motherboard mati total

Memperbaiki motherboard mati total
cara yang sedikit aneh ya Sahabat GK betapa tidak biasanya kan kalo perangkat elekronik sangat peka terhadap air dan bersifat penghantar(Konduktor) bisa-bisa jika terkena air akan terjadi korsleting pada komponen Mainboard dan akan memperparah kerusakan :D
Soo..Sahabat ITneT berani gag mencuci mainboard nya yang bermasalah??
hehehe Berikut alasan logis kenapa  Mencuci dengan Air Mainboard yang rusak atau mati bisa diperbaiki :
  • PC/Personal Computer yang kita gunakan biasanya menghasilkan panas yang dapat mengikat ataupun menarik debu sehingga menempel pada komponen Mainboard atau komponen elektronik lainnya.
  • Debu-debu tsb. awalnya memang tampak tidak berpengaruh apa-apa tapi jika dibiarkan lama-lama dan seiring perubahan suhu debu-debu tsb. bisa berubah menjadi seperti karat(garam) yang bersifat konduktor/penghantar yang bisa menyebabkan terjadi nya hub. pendek pada komponen motherboard.
  • Motherboard PC/Personal Computer yang ada saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan pendeteksi terjadi nya korslet atau hub.pendek pada rangkaian sehingga jika hal tersebut terjadi maka secara otomatis fungsi Power Switch tidak bisa digunakan alias Motherboard menjadi Matot(Mati Total) hal ini dimaksudkan untuk menghindari hub. pendek pada Motherboard yang bisa merusak komponen elektronik yang ada pada Motherboard tsb.
Dari beberapa alasan diatas maka dengan Air kita bisa membersihkan kotoran-kotoran(debu-debu) yang menempel pada komponen2 elektronik lain nya yang tidak berfungsi atau rusak tidak terbatas hanya pada Motherboard saja.
Berikut Cara-cara mencuci Motherboard dengan air yang pernah saya lakukan & sudah berhasil lebih dari 10x :)
Yang dibutuhkan : 
  1. Siapkan air dalam ember yang cukup lebar kira2 bisa masuk Motherboard didalam nya
  2. Siapkan Deterjen Recomended (Rinso) karena butiran lebih kecil dan cepat larut dalam air
  3. Siapkan Kuas lembut atau sikat gigi bekas
  4. Siapkan Hair Dryer/ Solder Uap jika ada
  5. Siapkan Kain Lap tipis atau tisu
Cara Mencuci :  
  1. Lepas komponen2 lain yang terpasang di Motherboard seperti Processor, Baterai C-Mos, IC-C-Mos(jika bisa dilepas/jika tidak biarkan saja), Wireless Adapter, dll yang bisa di lepas lepaskan saja semua.
  2. Larutkan Deterjen ke dalam air yang sudah di sediakan dalam ember sebelumnya aduk hingga butiran deterjen hancur semuanya.
  3. Masukkan Motherboard seluruhnya kedalam ember yang sudah berisi deterjen yang sudah dilarutkan dengan air tadi lalu bersihkan dengan kuas lembut atau sikat gigi bekas dengan cara di gosok seluruh komponen yang ada termasuk juga Slot Memory, PCI, dll.
  4. Setelah yakin semua nya sudah di gosok hingga bersih, cuci dengan air bersih lalu keringkan dengan kain lap, Hair Dryer atau Solder Uap.
  5. Perlu di ingat jika menggukan Solder Uap set udara pada posisi Maksimal dan Panas nya diposisi Minimal atau paling rendah lalu beri jarak kira-kira 15 centimeter jika ada komponen yang berongga dekatkan ujung solder uap ke rongga tsb hingga Sahabat benar-benar yakin tidak ada lagi air yang tinggal di rongga ataupun komponen Motherboard.
  6. Sekali lagi PASTIKAN komponen sudah benar-benar kering....!!!
Setalah tahap diatas sudah Sahabat selesaikan dengan benar coba tes hidupkan "Ingat Semua Komponen yang di lepas udah di pasang kembali y Sobat :)"
Catt :

  •  Jangan mencuci komponen Elektronik yang bukan milik Sahabat atau belum mendapatkan Izin dari yang punya.
  • Pastikan Komponen Elektronik yang yang sahabat cuci tidak ada yang terbakar/hangus. Jika ada penanggulangan nya bukan dengan mencuci melainkan dengan menganti komponen tsb..:)
  • Cara ini hanya untung-untungan saja lho..Sahabat ITneT tingkat keberhasilan nya menurut saya cuma 25%
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Memperbaiki motherboard mati total"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top