Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Buku Adalah Jalan Untuk Mencerdaskan Bangsa

139863440288670882
Buku adalah sarana untuk mencerdaskan bangsa/foto: doc.pribadi


Buku  Salah Satu Jalan Untuk Mencerdaskan Bangsa.
Hari Buku Sedunia baru saja kita lewati beberapa hari yang lalu atau tepatnya pada tanggal 23
April 2014. Hari istimewa yang dipelopori oleh UNESCO, yang sekaligus merupakan momentum untuk mengingatkan tentang pentingnya arti buku dan hak cipta yang diperingati di seluruh dunia setiap tahunnya. Apakah hari penting ini meninggalkan kesan dalam hati atau tidak ,tentunya terpulang pada setiap orang.
Berbicara mengenai buku,tentunya tidak terlepas dari sebuah koleksi buku buku pribadi ,yang boleh dikatakan sebagai perpustakaan pribadi. Namun berbicara mengenai Perpustakaan Pribadi. seringkali di sambut dengan sikap pepsimis. Ada begitu banyak alasan yang dapat di utarakan, bahwa memiliki perpustakaan pribadi adalah sesuatu yang rumit. Bahkan tidak jarang yang menganggap sebagai sesuatu mustahll. Antara lain : rumah sempit, seluruh keuangan sudah tersedot untuk kepentingan kepentingan yang perlu diutamakan. Atau alasan lain adalah bahwa dijaman kini, memiliki perpustaan pribadi sudah dianggap kuno. Karena dengan menghimpun buku buku yang bisa di download di internet, maka koleksi buku, bisa terwujud,tanpa mengeluarkan dana yang banyak dan sekaligus tidak membutuhkan ruangan khusus.
Tetapi kita lupa bahwa membaca buku secara phisik akan jauh lebih menawan dan bermanfaat bagi setiap orang yang membaca, dibandingkan ketimbang membaca via internet. Dari sudut kesehatan mata, membaca berjam jam via internet ,tentunya bukan cara yang baik untuk menjaga kesehatan mata kita
Perpustakaan Online
Perputakaan online, hanya bisa dinikmati secara pribadi oleh “user” atau pengguna internet,Sedangkan melalu perpustakaan secara traditional, disamping memberikan manfaat untuk membuka cakrawala berpikir kita, sekaligus merupakan ruang baca keluarga. Hal ini dapat memberikan peluang untuk menikmati hobbi dengan sangat santai bersama seluruh anggota keluarga. Karena menyusun dan membagi buku buku menurut usia pembacanya sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian tertentu.
Secara garis besar ,buku buku dapat dibagi berdasarkan usia:
Anak anak
Remaja
Dewasa
Berdasarkan materi bacaan:
Fiksi
non fiksi
Agama/spiritual
Science
Dengan jalan ini, sekaligus anak anak dididik,untuk memahami,bahwa tidak semua buku itu baik dibaca oleh mereka. Memberikan pemahaman awal.bahwa ada buku yang baik dibaca dan ada buku yang belum waktunya untuk mereka baca. Sekaligus mendidik anak anak untuk tidak sembunyi sembunyi mencuri baca bacaan orang dewasa.

13986346072109912835
buku buku bekas,yang tidak berkurang nilai bacanya/koleksi pribadi

Tidak Harus Buku Baru.
Untuk menyusun perpustakaan pribadi ,tidak ada keharusan membeli buku baru. Tidak jarang orang yang akan pindah keluar kota ,bersedia menghadiakan buku bukunya kepada siapa saja yang mau mengoleksi. Atau kalaupun dibeli, dengan harga yang sangat murah.
Setiap rak buku yang sudah dibagi,ditempelin dengan nama nama kelompok buku, sehingga apa yang sudah disusun,tidak perlu diaduk aduk ,hanya untuk mencari sebuah judul buku..Memiliki perpustakaan pribadi, kendati dalam jumlah buku yang sangat terbatas, yang dilengkapi dengan kamus yang diperlukan, sesungguhnya dapat merupakan “depot” ilmu pengetahuan bagi seisi rumah. Buku teramat penting untuk mencerdaskan bangsa. Dan kita adalah bagian dari bangsa itu. Ingin mencerdaskan bangsa? Mulailah terlebih dulu dengan mencerdaskan diri sendiri dan keluarga. Salah satu jalan sederhana adalah memiliki perpustakaan pribadi.

Bandara Soekarno Hatta, 28 April, 2014
Tjiptadinata Effendi
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Buku Adalah Jalan Untuk Mencerdaskan Bangsa"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top