Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

2 `Ping`Baru Terdeteksi, Mengapa MH370 Tak Kunjung Beri Pertanda?

 
Makin banyak sinyal yang terdeteksi dalam pencarian Malaysia Airlines MH370 yang raib
Sabtu 8 Maret 2014, lebih sebulan lalu. Temuan-temuan tersebut meningkatkan harapan bahwa keberadaan Boeing 777-200ER itu bisa diungkap dalam "hitungan hari".

Setelah dua hari senyap, kapal Angkatan Laut Australia Ocean Shield, dengan bantauan instrumen pendeteksi ping (pinger locator) milik US Navy, kembali menemukan sinyal yang kali pertama terdeteksi Sabtu lalu.

Salah satu 'ping' terdeteksi Selasa petang, berdurasi 5 menit dan 25 detik. Yang kedua terdeteksi kemudian malam itu, bertahan hingga 7 menit.

 
Kepala pusat koordinasi pencarian MH370 Australia atau Australia’s Joint Agency Coordination Centre, Marsekal Udara (Pur) Agus Houston mengatakan, analisis mengonfirmasi bahwa sinyal yang terdengar sebelumnya 'tak berasal dari alam' dan konsisten dengan emisi dari kotak hitam pesawat.

Sinyal, yang terdeteksi pada 33,331kHz, dideskripsikan stabil, terang, dengan pulsa stabil. "Kami yakin mencari di area yang tepat, namun, kami belum siap mengonfirmasi apapun sampai kita bisa mengidentifikasi puing pesawat secara visual," kata dia seperti dimuat New Straits Times, Kamis (10/4/2014).

"Kami berharap dalam hitungan hari, kita bisa menemukan sesuatu di dasar laut, yang bisa dikonfirmasi bahwa itu adalah lokasi peristirahatan terakhir MH370," kata Houston.

Dia menambahkan, deteksi sinyal terbaru memungkinkan area pencarian dikurangi menjadi 75 ribu kilomater persegi. Kapal akan terus menjelajahi lokasi selama baterai dari kotak hitam, yang memiliki umur 30 hari, masih diyakini aktif.

Hingga hari ini, sudah 34 hari sejak Boeing 777-200ER menghilang dalam rute dari Kuala Lumpur-Beijing, dengan membawa 239 orang di dalamnya.

Tenggelam atau Pecah?
Para ahli yang terlibat dalam pencarian MH370 meyakini, ada 2 penjelasan mengapa tak ada puing yang muncul ke permukaan.

Diduga, badan pesawat jumbo itu relatif utuh saat masuk ke dalam laut. Sesuatu yang mungkin terjadi di Samudera Hindia yang relatif tenang.

Atau, puing-puing pesawat tersebar oleh angin topan yang melewati area pencarian. Pada akhir Maret, ada kekhawatiran bahwa Topan Gillian, yang memicu peringatan topan di koridor selatan, bisa menghambat operasi pencarian dan penyelamatan.

"Kami telah menyisir are dengan telaten, namun kami bingung dihadapkan pada kurangnya puing yang ditemukan," kata seorang sumber kepada News.com.au.

"Kami berharap untuk menemukan beberapa puing seperti sayap di mana tangki BBM yang kedap udara berada -- yang mungkin akan mengapung di laut." (Yus Ariyanto)
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "2 `Ping`Baru Terdeteksi, Mengapa MH370 Tak Kunjung Beri Pertanda?"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top