Gerbangkomputer

Download,Aplikasi,software,Tips dan trick,Tutorial,Kesehatan,Bisnis,Berita Unik,free mp3 dan lainnya gratis semua hanya disini

Singapura masih jadi raja pemberi utang ke Indonesia Rp 571 T

Singapura masih jadi raja pemberi utang ke Indonesia Rp 571 T

Bank Indonesia (BI) melansir data terbaru mengenai utang luar negeri Indonesia per Januari 2014.
Utang luar negeri Indonesia yang terdiri dari utang luar negeri pemerintah dan bank sentral serta utang swasta mencapai USD 269,3 miliar atau setara dengan Rp 3.046,8 triliun.
Posisi utang luar negeri ini terus meningkat dibandingkan bulan Desember yang hanya USD 264 miliar. Namun demikian, siapa pemberi utang luar negeri tersebut?.
Dari data bank sentral, pemberi atau kreditur utang luar negeri Indonesia terdiri tiga bagian yaitu dari berbagai negara dengan total utang USD 196,4 miliar, serta lembaga keuangan luar negeri dengan total USD 27 miliar dan lainnya mencapai USD 46 miliar.
Dari negara pemberi utang luar negeri, Singapura masih menjadi negara terbesar pemberi utang luar negeri ke Indonesia. Per Januari 2014, Singapura memberi utang ke Indonesia sebanyak USD 50 miliar atau setara dengan Rp 571 triliun. Angka in terus naik dari bulan sebelumnya yang hanya USD 49,9 miliar. Kemudian negara pemberi utang terbesar kedua ke Indonesia adalah Amerika Serikat dengan total utang USD 42,4 miliar. Selanjutnya adalah Jepang yang memberi utang sebesar USD 35 miliar. Pemberi utang lainnya terdiri dari berbagai negara seperti Belanda dengan total utang USD 13 miliar serta banyak negara lainnya seperti Australia, Austria, Belgia, China, Jerman, Prancis dan lain lain.
Pemberi utang luar negeri ke Indonesia selanjutnya adalah lembaga keuangan luar negeri yang didominasi oleh IBRD dengan total utang mencapai USD 11,4 miliar. Lembaga selanjutnya adalah ADB dengan total utang yang diberi adalah USD 9,6 miliar, kemudian disusul oleh IMF dengan total utang mencapai USD 3 miliar. Masih ada lembaga pemberi utang lainnya seperti IDA,IFAD, NIB, dan EIB.
Pemberi utang luar negeri ke Indonesia selanjutnya adalah lainnya dengan total USD 46 miliar. Jika ditotal dari tiga bagian pemberi utang yaitu negara, lembaga keuangan, serta lainnya maka total utang luar negeri Indonesia per Januari 2014 tembus USD 269,3 miliar.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top